DONGENG FABEL | KANCIL DAN KELINCI

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo...sahabat kumpulan tulisan 25 yang dirahmati Allah, pada cerpen kali ini kami persembahkan sebuah Cerita Pendek Hewan (Fabel). Cerita kita kali ini tentang persahabatan kancil dan kelinci persahabatan yang tulus yang dapat kita jadikan inspirasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kalian juga dapat membaca CERITA FABEL yang lainnya di sini.

OK...seperti apakah cerita tentang KISAH KANCIL DAN KELINCI ini ? langsung kita simak saja ceritanya. Inilah cerita tentang kancil dan kelinci

Pada suatu hari kancil pergi ke rumah kelinci. Kancil langsung mengetuk pintu. Dari dalam rumah, kelinci yang mendengar pintu rumahnya diketuk langsung membukakan pintunya.

Setelah mengetahui siapa yang datang, dia menyapa,”Selamat pagi kancil,” sapa kelinci. “Selamat pagi kelinci,” jawab kancil. Setelah mereka bincang sebentar, kancil berniat mengajak kelinci bermain di taman dan memetik buah apel.

Kelinci pun bersedia diajak kancil bermain di taman dan memetik buah apel. Mereka berdua pergi ke taman sambil membawa keranjang untuk tempat buah. Ketika sampai di taman, mereka melihat burung berkicau dan kupu-kupu yang indah berterbangan hinggap disatu bunga ke bunga yang lain. Setelah puas menikmati indahnya taman, mereka lalu menuju ke kebun apel.

Sesampainya mereka di pohon apel mereka langsung memetik buah apel.Setelah mereka memetik buah apel yang cukup banyak, dan merasa cukup, mereka langsung pulang ke rumah kelinci. Sesampainya di rumah kelinci mereka membagikan buah apel itu berdua dan juga membaginya kepada teman-temannya.

Cerpen : Kancil dan Kelinci

Karya : Istiqomah Adillah

IDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK dalam cerita "KISAH KANCIL DAN KELINCI"

Unsur-unsur penyusun cerita dari dalam disebut unsur instrinsik, diantaranya adalah judul, tema, tokoh/penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat.

Berikut ini akan saya ulas hasil analisis dari cerita berjudul "KISAH KANCIL DAN KELINCI" yang akan disertakan alasan di setiap unsur.

Judul Cerita :

KISAH KANCIL DAN KELINCI

Tema :

Tema merupakan ide dasar pengembangan yang kemudian akan membentuk isi cerita. Cerita tersebut bertemakan

  1. Persahabatan.

Alasan : Di sepanjang cerpen ini, diceritakan kisah persahabatan kancil dan kelinci.

Tokoh / penokohan

Tokoh atau penokohan merupakan penjabaran orang beserta peran dalam cerita. Biasanya peran tersebut berisi sifat-sifat para pelaku dalam cerita, yang di tandai dari gaya bahasa, gerak-gerik tokoh, atau deskripsi dari si pengarang sendiri.

*Kancil:

Teman kelinci yang baik hati.

*Kelinci:

Binatang kecil, lincah dan dermawan.

Latar

Latar adalah unsur yang melatari sebuah cerita.

Waktu :

Tidak ditentukan (Pada suatu hari kancil pergi ke rumah kelinci.)

Tempat :

Rumah kelinci (Pada suatu hari kancil pergi ke rumah kelinci.)

Alur

Alur adalah maju mundurnya sebuah cerita, ada tiga macam alur : Alur maju, alur mundur, alur campuran (maju mundur).

Cerita ini mengandung alur maju, karena di setiap kalimat per kalimat, paragraf per paragraf menceritakan untaian cerita yang selalu maju.

Sudut pandang

Sudut pandang merupakan cara pengarang memposisikannya dalam cerita.

  1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama. Biasanya menggunakan kata aku sebagai subjek tokoh utama.
  2. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan. Pada sudut pandang jenis ini, orang pertama hanya sebagai figuran saja.
  3. Sudut pandang orang ke tiga serba tahu. Pengarang menceritakan orang lain berdasarkan pengamatannya namun pengarang sampai tahap menuliskan isi hati tokoh utama.
  4. Sudut pandang orang ketiga pengamat. Pengarang hanya menuliskan apa yang mereka lihat.

Banyak macam-macam sudut pandang, namun cerita ini menggunakan sudut pandang orang ketiga pengamat. Karena si pengarang dalam cerita menceritakan tentang Kancil dan Kelinci tentang permasalahannya, detail dengan latar belakang yang diceritakan si penulis.

(Setelah mereka bincang sebentar, kancil berniat mengajak kelinci bermain di taman dan memetik buah apel.)

Amanat

Amanat adalah pesan yang dapat disampaikan dalam cerita.

Amanat dari cerpen ini :

  1. Persahabatan itu saling berbagi.

Baca cerita fabel lainnya ?