CERPEN HIKMAH | PETANI PINTAR DAN SANG RAJA

PETANI PINTAR DAN SANG RAJA - Suatu ketika ada seorang petani tua yang sedang menanam mangga di kebunnya. Sang raja bersama ajudannya kebetulan lewat didepan si petani.

“mengapa kamu menanam mangga-mangga ini sedangkan kamu tahu, kamu tidak akan dapat menikmatinya ?”.

”yang mulia”, jawab si petani, “nenek moyangku dulu menanam pohon dan aku sekarang yang menikmati buahnya. Sekarang aku menanam pohon-pohon ini di usiaku yang sidah senja, mungkin aku tidak dapat menikmati buahnya, namun anak dan cucuku pasti dapat merasakannya”.

Sang raja sangat senang mendengar jawaban si petani. Diapun menyuruh menterinya untuk memberikan hadiah 100 ribu dirham sebagai imbalan atas pekerjaannya.

Si petani tua sangatlah senang menerima hadian dengan jumlah dari sang raja dan berkata.

“yang mulia ! saya sangat bangga dengan pohon yang saya tanam karena segera berbuah setelah saya tanam”.

Sang raja bertambah gembira dengan kata-kata si petani. Dan diapun memerintahkan menterinya untuk memberikan 100 ribu dirham lagi kepada si petani karena jawabannya yang cerdas.

Si petani memang sedang sangat beruntung karena mendapatkan 2 hadiah dari sang raja hanya dalam beberapa menit.

Cerita ini terjemahan dangan pengembangkan oleh YOYOK DWI SAPUTRO dari cerita berjudul “THE CLEVER FARMER AND THE KING” dalam buku STORIES FOR YOU karya ustad MUSTOLAH MAUFUR, M.A. buku berbahasa Inggris yang di ajarkan di KMI “DARUSSALAM” GONTOR pondokku Tercinta

Baca cerita hikmah lainnya ?