8 TIPS WAWANCARA YANG BAIK DAN SUKSES

8 TIPS WAWANCARA YANG BAIK DAN SUKSES - Kali ini kumpulan tulisan 25 bagikan 8 tips wawancara yang baik dan sukses. Tips yang pertama adalah....

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo teman-teman pembaca setia kumpulan tulisan 25 yang dirahmati Allah, jumpa lagi di blog kumpulan tulisan 25. Sebuah blog yang membagikan kisah dongeng, tips, khutbah dan opini.

Supaya wawancara teman-teman berjalan baik dan sukses maka teman-teman membutuhkan 8 tips ini. Apa saja sih 8 tips tersebut ?. Mari kita bahas satu persatu

8 TIPS WAWANCARA YANG BAIK DAN SUKSES

Dan diakhir tulisan ini saya bagikan video contoh wawancara dengan beberapa narasumber dalam sebuah acara.

Ok, kita mungkin sering menonton tayangan televisi misalkan acara mata najwa atau yang semisalnya. Jika kita perhatikan bagaimana acara yang notabene bukan sinetron atau acara kuis namun mampu menyedot banyak perhatian dari pemirsa televisi. Tidak lain karena kelihaian sang pembawa acara dalam menggali informasi dari narasumber, ini yang akhirnya membangkitkan semangat pemirsa untuk tetap menonton dari awal hingga akhir acara.

Pada artikel ini kumpulan tulisan 25 ingin berbagi dengan teman-teman semuanya 8 TIPS WAWANCARA YANG BAIK dan akhirnya membuat wawancara teman-teman akan SUKSES.

Seringkali orang berpendapat bahwa keberhasilan dalam wawancara itu sangat ditentukan oleh waktu, tempat, dan karakter dari narasumber itu sendiri. Seorang jurnalis yang cerdas dan cermat pasti akan berpikir bagaimana caranya agar mampu menggali narasumber untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Selain itu, ada beberapa aspek yang harus anda pertimbangkan agar tidak melakukan kesalahan dalam wawancara.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum melakukan wawancara:

  1. Minta contact person narasumber agar lebih mudah membuat janji pertemuan.
  2. Beberapa jam sebelum wawancara, hubungi narasumber agar terlihat lebih sopan dan formal.
  3. Persiapkan daftar pertanyaan yang kompleks dan sesuaikan dengan karakter narasumber.
  4. Memperhatikan sikap dan memberikan kesan terbaik dari pertama kali hendak bertemu, seperti datang tepat waktu.
  5. Perkenalkan diri anda secara resmi dan maksud serta tujuan anda hendak mewawancarai mereka.
  6. Hindari keadaan atau momen senyap alias tidak berbicara sepatah katapun.
  7. Untuk menjaga-jaga kehilangan informasi, anda sebaiknya merekam perbincangan dengan narasumbernya.
  8. Dengan setidaknya mengenal karakter narasumber dengan sangat baik, anda sudah mampu menggali narasumber untuk menemukan informasi yang sedang dicari.

Demikianlah 8 tips wawancara yang baik dan sukses semoga sedikit yang kumpulan tulisan 25 bagikan bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan. Supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaatnya. Terima kasih sudah membaca sampai artikel ini hingga akhir.

Berikut ini saya bagikan contoh video wawancara

Wassalamu'alaikum wr.wb.