TIPS & TRIK MENJADI SEORANG SELEBGRAM

TIPS & TRIK MENJADI SEORANG SELEBGRAM - Sahabat KUTU yang luar biasa..!! Ahamdulillah bisa posting artikel lagi. Beberapa hari yang lalu saya bersama beberapa anak-anak muda asyik ngobrol mengenai SELEBGRAM. Kemudian secara tidak sengaja saya menemukan video wawancara di sebuah channel youtube yang mengetengahkan topik tentang bagaimana menjadi SELEBGRAM. Narasumber wawancara ini adalah bpk Michael Sugiharto. Beliau adalah founder dari celebgramme.com serta digimaru.id (Digital Marketing Campus). Beliau adalah pemenang dari markplus gebyar UKM BCA WOW award 2016. Untuk lebih mengenal apa itu celebgram.com dana pa itu digimaru.id anda dapat browsing atau nanti akan kita bahas dikesempatan yang lain. Pada kesempatan ini bpk Michael membagikan tips & trik menjadi seorang selebgram. Seperti apa tips & trik yang akan beliau bagikan kepada kita semua kita simak saja….

TIPS & TRIK MENJADI SEORANG SELEBGRAM

Banyak orang Indonesia yang terobsesi menjadi seorang selebgram. Mungkin ingin cepat terkenal atau mungkin ingin punya penghasilan, karena sudah menjadi rahasia umum seorang selebgram bisa menerima endorsement. Lalu bagaimanakah tips & trik untuk menjadi seorang selebgram ?

Ada 5 ciri-ciri anda itu cocok menjadi selebgram atau tidak. Apa saja ciri-cirinya ?

1. Mix & match

Ciri-ciri yang pertama, untuk menjadi seorang selebgram itu harus pintar MIX & MATCH. Maksudnya begini. MIX & MATCH itu artinya mencampur dan menyesuaikan atau Bahasa lainnya mempadu padankan. Misalnya anda mempunyai kecerdasan dalam mempadu padankan baju. Baju atasannya apa, bawahannya apa, handbagnya apa. Apabila ada mempunyai keahlian dalam mix & match dengan baik maka anda sudah punya satu ciri dari 5 ciri-ciri seorang selebgram.

Apakah Cuma baju saja ? jawabannya tidak. Misalkan anda pandai dalam hal memasak atau kuliner, make up atau merias diri, dan lain-lain maka ciri pertama ini juga cocok buat anda. Yang penting anda harus pintar dalam hal mix & match baik dalam materi ataupun yang lainnya.

2. Enjoy sharing kehidupannya di public

Jika anda punya ciri-ciri ini, saya yakin anda itu bisa dibilang 75% cocok menjadi selebgram. Seorang selebgram harus enjoy dalam sharing kehidupannya di public. Jadi intinya begini. Anda enjoy melakukannya, sharing kehidupan anda kepada publik. Jadi kesehariannya diceritakan kepada publik dengan enjoy. Dan yang perlu jadi catatan adalah jangan berpura-pura. Karena kepura-puraan dan kepalsuan tidak bisa bertahan lama. Atau yang suka meniru idolanya, biar terlihat seperti idolanya, jadi harus pure dari dirinya sendiri dan actually enjoy doing this. Di social media, terutama Instagram atau YouTube. Kita tidak bisa berpura-pura. Dan ini harus setiap hari update. 

Misalkan Kemarin aktris yang bernama Raisa itu married, lalu honeymoon ke Italy. Dia update ke Instagram story. Pada saat kita melihat di Instagram story, itu bikin kita pengen liat terus. Kenapa? Karena kita merasa kalau kita ke restoran itu bareng sama dia, melihat dia makan makanan apa. Seolah-olah kita di sebelahnya dia

3. Good sense of composition

GOOD SENSE OF COMPOSITION artinya mempunyai cita rasa bagus mengenai komposisi gambar (foto). Jadi misalnya begini. Saya kasih anda album foto saya. Di album itu, foto saya di tengah terus. Melihat itu rasanya gimana ? “Bosan” Ya. Jadi bagi anda yang tidak paham, sebenarnya gampang. Menurut saya bagi anda yang belum pernah melakukan ini, meniru saja dahulu. Lihat selebgram yang anda sukai, ditiru bagaimana cara dia berfoto. Dia minggir sedikit begini, dia gayanya sedikit begini, fotonya begini. Udah, ikut aja. Ikut aja dulu, lama-lama pasti terbentuk.

4. Rajin Berinteraksi

Yang keempat ini saya rasa juga salah satu yang banyak orang sering lakukan, terutama di Instagram. RAJIN BERINTERAKSI. Rajin berinteraksi itu maksudnya begini.. Karena wadahnya atau komunitasnya itu di Instagram, maka kita harus berinteraksi seperti di Instagram. Di Instagram sebenarnya interaksinya hanya ada 3, gampang. Yaitu like, follow, dan comment.

Contohnya begini. Saya baru kenal dengan anda. Bagaimana caranya agar anda bisa follow saya atau suka dengan saya? ‘Kan harus suka dulu. Setiap kali anda post, saya like. Lalu saya comment, ‘Bagus pak..! Mantap!’. Kalau misalkan kita baru nge’like 3-5 buah foto. Kemudian saya comment bukan hanya ‘mantap/ bagus’ begitu. Tetapi comment sesuatu yang berarti sesuai dengan gambar itu.

Misalkan anda baru pulang dari Laos. Lalu saya bertanya begini, ‘Makanan yang enak di Laos apa, pak?’. Nyambung ‘kan? Tetapi kalau isinya cuma ‘Mantap, pak! Keren..!’. Gak nyambung.. kurang lebihnya seperti itu. Tetapi yang pertama pasti like dulu, kemudian follow. Dan followernya ketika dibalas juga pasti senang.

5. Pintar berimprovisasi

Oke, yang kelima ini juga penting. Yaitu anda harus PINTAR BERIMPROVISASI. Karena begini.. Jika anda terlatih untuk berfoto terus menerus, bikin video atau bikin content. Anda bisa lihat sesuatu yang bagus. Bahkan mungkin di depan garasi aja kelihatan bagus. Foto gaya biasa gitu aja kelihatan bagus.

Improvisasi di Instagram itu of course perlu banyak foto, perlu banyak content. Yang pertama itu adalah masalah lokasi. Karena foto butuh lokasi. Kemudian yang tadi juga, mix & match. Bajunya apa, aksesoris apa yang dipakai. Lalu gayanya juga tidak mungkin begini terus. Satu gaya terus itu tidak mungkin. Gayanya kalau bisa jungkir balik bolak-balik gitu. Jadi sedikit berbeda. Jadi harus pintar improvisasi. Itu salah satunya. Tetapi satu lagi, ini hanya ciri-ciri yang saya lihat, saya telusuri so far. Research saya sendiri. Tetapi kalaupun anda tidak punya ciri-ciri itu, jangan takut. Anda tetap bisa jadi selebgram, bagaimana caranya ? ya harus cari teman yang selebgram, jadi caranya pada saat dia foto, kamu ikut aja, udah. Demikianlah TIPS & TRIK MENJADI SEORANG SELEBGRAM.. Terima kasih telah membaca artikel KUTU semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman atau orang yang anda cintai.