MAHLUK YANG PALING BERPENGARUH DIMUKA BUMI

Apakah anda pernah melihat seorang ulama besar yang sangat bertanggung jawab dengan agamanya, yang hampir setiap hari khalayak ramai berkerumun mengelilinginya dan duduk bersimpuh dihadapannya untuk mendengarkan nasehat-nasehatnya ?

Atau melihat seorang hakim yang hebat yang selalu sukses mengadili berbagai masalah, yang disegani oleh para terdakwa dan dicintai oleh para pemburu keadilan ?

Atau anda pernah bertemu dengan seorang tentara yang berdiri tegak dimedan laga menjaga kehormatan umat dan melindungi perbatasannya ?

Mereka semua meraihnya setelah menyeberangi samudra pendidikan dan melewati gerbang belajar. Dan ditengah mereka mengarungi samudra pendidikan itu mereka selalu didampingi oleh sesosok mahluk. Dan saya yakin orang-orang hebat ini beruntung karena yang mereka temukan adalah mahluk-mahluk yang luar biasa, mahluk-mahluk yang tulus ikhlas dalam mengemban tanggungjawabnya.

Saudaraku yang budiman, sesungguhnya para penguasa dunia, politikus besar, pemegang keputusan-keputusan penting, mereka pasti melalui jenjang perjalanan panjang dan sulit dalam meraih apa yang mereka cita-citakan. Dan saya yakin ini tidak akan tercapai tanpa bantuan mahluk luar biasa yang ikut berperan didalam usaha mereka. Mahluk ini ikut andil dalam memberi bekas pada salah satu sisi pemikiran mereka atau pada salah satu segi kepribadian mereka. Ketahuilah, bagi mereka para penguasa, pemimpin umat atau para pemegang kebijakan tidaklah harus selalu berkonsultasi kepada para dokter, insinyur, pengacara, apoteker atau akuntan untuk meraih cita-citanya. Akan tetapi justru sebaliknya, para dokter, insinyur, pengacara, apoteker, akuntan dan lain-lainnya pasti telah melewati sentuhan tangan mahluk luar biasa ini. Karena mereka adalah hasil usaha, jerih payah dan pendidikannya.

Sesungguhnya mahluk ini berkhitmat kepada seluruh manusia. Mereka meninggalkan bekas mereka di setiap lingkungan yang mereka terjuni. Sebagaimana pengaruh mereka terhadap kehidupan dan masa depan beberapa orang yang akan terus berlangsung. Bersama orang-orang tersebut bertahun-tahun, bahkan bisa jadi selama hayat dikandung badan. Mahluk ini berperan besar dalam mencetak kehidupan setiap orang yang pernah mengecap bangku sekolah. Mahluk ini membentuk kepribadian para pemimpin masyarakat, para politikus, militer, pemikir dan para praktisi dibidang-bidang kehidupan yang lain.

Ketahuilah wahai saudaraku mahluk tersebut adalah, GURU. Guru mengajar dari kanak-kanak hingga dewasa, menyiapkan semua, mencetak semua. Bahkan sebagian dari yang guru siapkan dan cetak mencapai apa yang tidak guru capai, tetapi gurulah peletak batu pertamanya.

Tahukan engkau saudaraku, betapa besar tanggungjawab guru ? mengertikah posisi guru di masyarakat ? sadarkah tempat guru diantara manusia ?