CARA MEMBUAT #katapengantar

CARA MEMBUAT KATA PENGANTAR - Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo...teman-teman kumpulan tulisan 25 yang selalu di rahmati Allah, bagaimana kabar kalian hari ini ? saya berharap semua dalam keadaan baik. Tulisan ini berawal dari permintaan seorang teman untuk dibuatkan kata pengantar untuk laporan pertanggung jawaban kegiatan di sekolah.

Akhirnya setelah buka buku, majalah, cari tutorial dan lain sebagainya akhirnya kata pengantarpun dapat tersusun, karena saya merasa ini bermanfaat untuk teman-teman kelak di kemudian hari maka sayapun berinisiatif untuk menulis dan membagikannya untuk teman-teman semua. Kali ini saya akan bahas tentang bagaimana cara membuat kata pengantar hasil dari perburuan saya dan disini juga saya sertakan contoh-contoh kata pengantar sesuai dengan peruntukannya siapa tahu teman-teman butuh. Hehehe...

Sebelum kita mulai bahas bagaimana cara membuat kata pengantar ini, mari kita buka dengan membaca surat Al-Fatihah, semoga dengan pembacaan surat Al-Fatihah tadi kita mendapatkan kemudahan dari Allah. Amien...

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar : adalah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun.

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi Kata Pengantar : untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau uraian yang terdapat pada karya tulis tersebut.

Kata Pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Dalam menyusun kata pengantar ada hal-hal penting yang harus teman-teman perhatikan di dalam penyusunannya :

a. Pembukaan.

Awali dengan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas karuniaNya memberi kelancaran dalam penulisan.

b. Isi

Ini adalah bagian dimana teman-teman menuliskan penuturan tentang isi dari laporan atau makalah. Beritahukan bahwa terdapat bantuan, bimbingan, dan arahan dari orang atau kelompok masyarakat tertentu dalam penyelesaian tulisan tersebut. Berikan ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah terlibat dalam penyelesaiannya. Sertakan harapan penulis terhadap karya tersebut. Sampaikan pentingnya membaca tulisan tersebut serta kelapangan hati menerima kritik dan saran dari pembaca.

c. Penutup

Pada bagian ini teman-teman bisa menuliskan permohonan maaf atas kesalahan, harapan penulis terhadap karya tersebut, pentingnya membaca tulisan tersebut serta kelapangan hati menerima kritik dan saran dari pembaca. Jangan lupa juga untuk menuliskan tempat dan tanggal penulisan serta nama penulis/tim penyusun di bagian akhir kata pengantar.

Contoh-contoh kata pengantar

Ok teman-teman semua di akhir pembahasan kita ini saya berikan 5 contoh kata pengantar. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Teman-teman bisa menyesuaikan bidang yang saya beri huruf tebal sesuai dengan kebutuhan teman-teman semua.

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR MAKALAH

Kata Pengantar

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul judul makalah ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dosen/guru pada bidang studi/mata kuliah. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang topik makalah bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada nama guru/dosen, selaku guru/dosen nama bidang studi/mata kuliah yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

tempat, tanggal pembuatan makalah

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR LAPORAN

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Nama laporan.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak/ibu nama guru/dosen yang telah membantu kami baik secara moral maupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan yang telah mendukung kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu.

Kami menyadari, bahwa laporan jenis laporan yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna baik segi penyusunan, bahasa, maupun penulisannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca guna menjadi acuan agar penulis bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semoga laporan jenis laporan ini bisa menambah wawasan para pembaca dan bisa bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

tempat, tanggal pembuatan laporan

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR PROPOSAL

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya.

Penulisan proposal jenis proposal ini bertujuan untuk tujuan proposal.

Dalam penyusunan proposal ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi terciptanya proposal yang lebih baik lagi untuk masa mendatang.

tempat, tanggal pembuatan proposal

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR SKRIPSI

Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “judul skripsi”.

Skripsi ini dibuat dan diajukan untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar nama gelar pada Fakultas nama fakultas di nama perguruan tinggi. Selain itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai topik skripsi.

Selama penulisan skripsi ini, penulis banyak menerima bantuan dan dukungan sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

Daftar pihak yang telah membantu kamu, urutkan dari yang paling berpengaruh

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna karena adanya keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati. Penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

tempat, tanggal pembuatan skripsi

Penulis

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “judul karya ilmiah”.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu, guru/dosen yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberi kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Uraian singkat tentang karya ilmiahmu

Kami sebagai penulis mengakui bahwa ada banyak kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari seluruh pihak senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan karya kami. Semoga karya ilmiah ini dapat membawa pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua tentang [topik karya ilmiah].

tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah

Penulis

Kesimpulan

Setelah membaca bahasan kita diatas saya harap teman-teman menjadi lebih paham apa saja yang ada dalam kata pengantar dan dengan contoh-contoh yang saya sertakan semoga dapat menjadi panduan dalam menyelesaikan tugas khususnya dalam penyusunan kata pengantar.

Satu hal yang perlu teman-teman ingat, kata pengantar itu digunakan untuk mengantarkan pembaca tulisan teman-teman untuk memahami seperti apa teman-teman menulis karya tersebut.

Semoga uraian yang singkat ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Jangan patah semangat untuk terus belajar, karena kata pepatah dimana ada kemauan disitu ada jalan.

“Ilmu yang tidak diamalkan adalah seperti pohon yang tak berbuah.” Maka dari itu jika informasi ini bermanfaat, teman-teman bisa membagikannya ke sahabat, saudara atau sosial media sebagai bukti bahwa teman-teman mengamalkan apa yang telah teman-teman pelajari. Saya kira cukup sekian dan terima kasih sudah membaca hingga akhir.

Wassalamu’alaikum wr. wb.