CERPEN ANAK | IKAN AJAIB

CERPEN ANAK | IKAN AJAIB - Hallo teman-teman pembaca setia kumpulan tulisan 25 yang dirahmati Allah, jumpa lagi di blog kumpulan tulisan 25. Sebuah blog yang membagikan kisah dongeng, tips, khutbah dan opini.

Kali ini admin persembahkan sebuah tulisan kiriman dari teman kita Hanif Khoiruddin yang berjudul IKAN AJAIB

Karya ini masuk ke meja redaksi kami pada tanggal 11 Desember 2014 dan Alhamdulillah telah lolos moderasi. Selamat membaca dan jangan lupa berikan apresiasi positif dengan berkomentar yang sopan dan membangun. 

Namun seperti biasa bagi teman-teman yang baru bergabung dan belum mengikuti halaman facebook @kumpulantulisan25 dan juga subscribe channel youtube kumpulan tulisan 25 terlebih dahulu, dan jangan lupa juga aktifkan tombol loncengnya supaya tidak ketinggalan dengan artikel-artikel dari kumpulan tulisan 25 berikutnya.

Baiklah admin yakin teman-teman sudah tidak sabar untuk membaca dongeng ini. Inilah dongeng dengan judul,

IKAN AJAIB

Pada suatu hari, ada seorang petani yang sedang menanam padi, tapi tiba-tiba ada seekor ikan bandeng ajaib yang muncul di sawah itu.

Kemudian petani itu bergegas untuk mengambil ikan itu,lalu dibawanya pulang.Setelah setengah perjalanan, tiba-tiba ikan ajaib itu bicara,

”Wahai manusia, jangan kau makan aku, kalau kau makan aku musibah akan menimpamu!” kata ikan ajaib itu.

Betapa terkejutnya petani tadi melihat ikan ajaib yang bisa berbicara. Lalu segeralah ia melanjutkan perjalanan pulang.

Setelah sampai dirumah, ikan ajaib yang dibawanya tadi dimasukkan ke dalam ember. Bergegaslah ia mencari istrinya. Setelah istrinya ditemui, petani itu langsung mengajaknya melihat ikan tadi. Istri petani itu suka sekali ikan bandeng ajaib, ia langsung bergegas untuk memasak ikan itu.

Tetapi ketika ia akan memotong-motongnya, ikan itu berbicara,

“Tolong, jangan kau potong aku,” teriak ikan itu.

Istri petani itupun terkejut lalu bergegaslah ia menemui suaminya.

“Pak, ikan ini bisa bicara!” teriak istri petani pada suaminya.

Lalu petani itupun menceritakan asal mula ditemukannya ikan itu,

“mungkin itu ikan ajaib ,” lanjut si petani.

“Tolong jangan kau makan aku, kalau kau makan aku musibah akan menimpamu, tapi bila kau tidak makan aku, aku akan kabulkan segala permintaanmu!” seru ikan ajaib itu.

Lalu berembuklah suami istri itu, sekiranya keinginan apa yang akan dimintakan pada ikan bandeng itu.

“Baiklah, kalau begitu buatkan aku istana yang megah dengan harta yang melimpah!”, pinta si petani.

“Baiklah akan kukabulkan segala permintaanmu,” jawab si ikan ajaib.

Dalam sekejap berubahlah rumah petani yang reot itu menjadi istana yang megah dengan harta yang melimpah.

Tapi beberapa hari kemudian, istri si petani ingin sekali makan ikan bandeng. Dia ingat suaminya punya seekor ikan bandeng. Lalu dengan diam-diam dimasaklah ikan bandeng itu.

Dan tiba-tiba dalam sekejap berubahlah istana yang megah menjadi rumah yang reot dan harta yang melimpah berubah menjadi dedaunan. Maka menyesallah istri petani atas pebuatannya memotong ikan tersebut yang ternyata ikan ajaib. 

Demikianlah teman-teman kisah tentang IKAN AJAIB yang memberikan pelajaran kepada kita untuk tidak serakah. selalu mensyukuri apa saja yang sudah dikaruniakan oleh Allah SWT. Tetap semangat! dan terima kasih sudah membaca kisah ini hingga akhir. semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Baca juga cerpen-cerpen lainnya ?