SEBESAR PENGARUHMU, SEBESAR ITULAH KESUKSESANMU

Apakah anda seorang yang sukses ?

Bagaimana anda mengukur kesuksesan anda ?

Warga negara Jepang terkenal dengan kedisplinannya. Mereka disiplin mulai dari hal paling kecil, membuang sampah contohnya masyarakat Jepang tidak suka membuang sampah sembarangan. Bagaimana ini bisa terjadi ?, karena mereka mempunyai pemimpin yang sukses. Ada budaya unik dari masyarakat Jepang. Ketika seseorang berpindah kesuatu tempat maka dia akan berusaha menyesuaikan dengan budaya yang ada di daerah tersebut. Dan kedua keunikan tadi tetap mereka bawa bahkan hingga keluar negara mereka. Itulah kesuksesan pemimpin Jepang.

Dulu ketika negara Jepang porak poranda karena bom atom yang dijatuhkan sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki, negara jepang hancur sehancur-hancurnya, namun apa yang kita saksikan hari ini ? negara Jepang bangkit dan menjadi negara maju dikawasan ASIA, perintah pertama dari pemimpin Jepang setelah hancur kala itu adalah ada berapa orang guru yang tersisa ? karena pemimpin Jepang yakin untuk membangun Jepang yang hebat hanya dapat dimulai dari pendidikan. Dan ketika anda menyaksikan Jepang hari ini, inilah hasil jerih payah guru-guru Jepang yang dengan tulus dan ikhlas dalam mengajar sehingga tertanam pengaruh positif pada siswa-siswinya. Merekalah guru-guru yang sukses.

Jadi kesimpulan saya adalah negara yang HEBAT akan terbentuk dari guru-guru yang sukses.

Apakah anda seorang guru sukses ?

Dan seberapa besar kesuksesan anda ?.

Tolok ukur seberapa besar kesuksesan anda sebagai guru adalah seberapa besar pengaruh positif yang anda tanamkan pada anak didik anda, apakah sebatas didaerah anda, ataukah pengaruh positif itu masih terbawa hingga keluar daerah anda. Pengaruh positif seorang guru yang sukses tidak hanya sebatas ruang kelas dan halaman sekolah saja, namun pengaruh positif tersebut tetap tersemat dalam dada siswa-siswinya hingga keluar gerbang sekolah melintasi samudra yang luas bahkan melewati benua.

Bagaimana seorang guru mampu memberikan pengaruh sebesar itu terhadap siswa-siswinya ? jawabannya adalah hanya guru yang tulus dan ikhlas yang mampu mencapai level ini. Seorang guru yang tulus ikhlas pasti akan menemui satu dari ratusan siswanya yang membawa gagasan-gagasan. Siswa tersebut mungkin lebih bersemangat terhadap gagasan itu melebihi sang guru. Dia membelanya di pertemuan-pertemuan, sehingga kata-katanya mencapai skala dimana dia sendiri tidak mampu mengukurnya sebelum orang lain.

Saudaraku, apakah anda seorang guru yang sukses ?, dan seberapa besar kesuksesan anda sebagai seorang guru ? SEBESAR PENGARUHMU, SEBESAR ITULAH KESUKSESANMU. Siapa yang gagal memberi pengaruh terhadap para siswa yang duduk didepannya, maka kata-katanya tidak akan melebihi ruang kelasnya.