PROFESI DENGAN PROFIT ABADI

Ibnu Majah meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Abu Qatadah RA, Rasulullah SAW bersabda, “sebaik-baik harta yang ditinggalkan oleh seseorang ada tiga: anak shalih yang berdo’a untuknya, shadaqah jariyah yang pahalanya sampai kepadanya, dan ilmu yang diamalkan sesudahnya.”

Bagian pahala seorang guru tidak hanya pada satu dari ketiga perkara diatas. Dia meraih semuanya. Sebagaimana hal itu dijelaskan oleh Al-Hafizh Badruddin Ibnu Jama’ah ketika berkata, “jika engkau melihat, maka engkau mendapatkan bahwa makna ketiga perkara tersebut ada pada diri seorang pengajar ilmu. Shadaqah jariyah, dia mengajarkan ilmu dan menyampaikannya. Tidaklah engkau membaca sabda Nabi SAW tentang seseorang yang shalat sendirian, “siapakah yang bersedekah kepada orang ini ?” yaitu orang yang mengajarkan cara shalat supaya dia meraih pahala shalat berjama’ah. Dan orang yang mengajarkan ilmu memberikan kepada muridnya keutamaan ilmu, yang ia lebih utama dari shalat berjama’ah, dan dengannya ia mendapatkan keutamaan dunia dan akhirat. Adapun ilmu yang diambil manfaatnya maka hal ini sangat jelas, karena ia menjadi sebab tersebarnya ilmu itu kepada siapapun yang memanfaatkannya. Adapaun doa orang yang shalih, maka yang sudah menjadi kebiasaan melalui lisan para ulama dan ahli hadis seluruhnya adalah berdoa untuk imam-imam dan guru-guru mereka. Maha suci Allah yang memberikan karunia besarnya kepada siapa yang dia kehendaki secara khusus.”

Lihatlah buah yang dipanen oleh Abu Hanifah ketika mengajarkan satu masalah. Makki bin Ibrahim berkata, “saya berdagang, lalu imam berkata kepada saya, ‘berdagang tanpa ilmu bisa menjerumuskan kepada muamalat yang rusak’. Dia terus menasehatiku, sehingga aku mau balajar. Maka aku selalu berdoa agar dia selalu diberi kebaikan setiap aku mengingat ucapannya, juga ketika aku shalat. Karena dia membuka untukku dengan keberkahannya pintu-pintu ilmu.”

Jadi guru adalah PROFESI DENGAN PROFIT ABADI tidak hanya dunia yang anda dapat, namun akhiratpun akan anda dapatkan. Intinya ikhlaslah dalam menjalankan profesi ini.